Tips

Siap Tempur Ujian


Meskipun hati sudah tidak sabar buat libur panjang, kita tetap mesti ngelewati yang satu ini dulu : UJIAN ! Wah, harus belajar sungguh-sunguh biar kita bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.

Tapi, belajar saja tidak cukup lho buat berperang melakukan ujian. Masih banyak hal kecil lain yang terkadang lupa dari perhatian kita tapi sebenarnya mesti kita siapkan. Ini dia daftar perlengkapan perang yang mesti kita siapkan pas UJIAN !

1. Seperangkat alat tulis komplet

Senjata yang wajib kita punya saat ujian, selain otak kita yang penuh dengan hasil belajar semalam adalah alat tulis. Tapi, alat tulis yang kita bawa pun tidak boleh sembarangan. Harus lengkap dan sesuai dengan keperluan ujian.

Selain pensil 2B, penghapus yang bersih, rautan pensil, dan pulpen, kita juga bisa membeli penggaris pembulat khusus untuk ujian. Penggaris ini bakal memudahkan kita untuk menghitamkan bulatan kecil dan menjaga agar goresan tidak keluar dari bulatan. Tidak mau dong, gagal ujian hanya karena jawaban kita tidak terbaca komputer?

Don’t forget! Siapkan semua alat tulis ini paling lambat sehari sebelum ujian. Jadi, kita tidak perlu heboh mencari alat tulis sebelum berangkat sekolah atau ke kampus atau bahkan terpaksa minjam teman sebangku saat ujian. Kita sadari atau tidak, kesiapan alat tulis juga membantu kita siap secara mental menghadapi ujian.

2. Selembar sapu tangan

Ujian adalah situasi yang gampang bikin kita stress dan panik. Kalau stress dan panik, tubuh kita jadi lebih mudah berkeringat. Padahal kan kertas ujian komputer tidak bisa terbaca kalau terkena keringat?

Gawat dong! Makanya, kita perlu saputangan untuk mengelap tangan kita yang berkeringat.

Don’t forget! Letakkan saputangan itu di bawah lengan sebelah kanan kita saat menulis. Dengan begini, kita mencegah setetes keringat pun jatuh ke lembar jawaban kita.

3. Sebuah jam tangan

Waktu adalah hal penting lain yang terkadang kita lupakan. Terlena sama satu soal bikin kita tidak kehilangan banyak waktu dan tidak bisa menyelesaikan semua soal. Sayang banget, kan? Itulah kenapa kita butuh jam tangan. Kita jadi bisa lebih teliti mempergunakan waktu karena tahu sisa waktu yang ada, dan berapa banyak waktu yang sudah dipakai buat mengerjakan satu soal.

Don’t forget! Untuk mengatur waktu sesuai dengan jam dinding di dalam kelas atau jam milik pengawas. Supaya perhitungannya tepat. Jangan dipercepat, karena malah bisa buat kita nervous.

4. Sekotak ketelitian

Kita memang tidak mungkin membeli sekotak ketelitian di mana pun, tapi bukan berarti tidak bisa mendapatkannya. Karena, ketelitian itu sebenarnya sudah ada dalam diri kita, hanya butuh sedikit usaha buat mengeluarkannya. Saat ujian, kita mesti menyisakan sedikit waktu (kurang lebih 10 menit) untuk memeriksa kembali semua hasil pekerjaan kita.

Don’t forget! Beberapa hal yang mesti kita teliti lagi adalah penulisan nama, kode soal, jawaban kita dan tentu saja bulatan-bulatan hitam tersebut. Kalau sudah oke semua, barulah kita bisa bernapas lega.

5. Setumpuk percaya diri

Kepercayaan diri juga salah satu faktor penting saat ujian. Karena, sebagian besar soal ujian berupa pilihan ganda. Kalau tidak pede dengan kemampuan kita, pasti akan bingung atau ragu dengan jawaban sendiri. Untuk memupuk rasa pe-de tersebut, kita mesti banyak belajar dan membaca dari berbagai sumber. Dengan begitu, kita jadi makin mantap menjawab soal karena yakin mana jawaban yang benar.

Don’t forget! Pupuk kepercayaan diri kita dengan doa. Penting banget, tuh! Selain membuat kita tenang, memang Cuma Yang Maha Kuasa yang bisa membuat semuanya jadi lancar.